gedung PLN Bulungan
Tutorial

Panduan Tambah Daya Listrik PLN Secara Online

Saat ini, listrik termasuk salah satu kebutuhan penting bagi banyak orang. Hampir setiap peralatan rumah tangga membutuhkan listrik, oleh karena itu banyak yang membutuhkan daya listrik lebih banyak. Semakin banyak alat-alat di rumah yang membutuhkan listrik, maka sudah seharusnya Anda menambah daya listrik agar alat-alat di rumah tidak cepat rusak dan bekerja stabil.

Kebutuhan masyarakat terhadap daya listrik tersebut membuat PLN membuat layanan baru untuk memasang listrik atau menambah daya yang bisa dilakukan secara online. Layanan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas dan tidak bisa menyempatkan untuk datang langsung ke kantor PLN.

Prosedur Tambah Daya Listrik PLN

Salah satu layanan yang diberikan oleh pihak PLN untuk memudahkan masyarakat adalah untuk penambahan daya listrik yang bisa dilakukan secara online dengan mengakses website PLN. Cara menambah daya listrik secara online, yaitu:

  1. Mengakses situs resmi PLN dengan alamat www.pln.co.id. Klik pada menu ubah daya untuk menambah daya listrik.
  2. Terdapat syarat dan ketentuan untuk memasang daya baru atau merubah daya secara online antara pelanggan dan PT PLN yang harus Anda baca terlebih dahulu. Pelanggan adalah orang yang ingin menambah daya listrik dan PT PLN adalah PLN.
  3. Anda perlu mengisi ID meter atau ID pelanggan. Selanjutnya, pilih cari dan tunggu sampai data pelanggan muncul di lancar.
  4. Klik tab penambahan daya, lalu masukkan identitas Anda secara lengkap. Apabila data yang dimasukkan sesuai dengan database yang dimiliki PLN, Anda tinggal memberi centang di pilihan copydata pelanggan.
  5. Mengisi besar perubahan daya yang Anda butuhkan. Anda bisa menambah atau mengurangi daya listrik sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Apabila menambah daya, maka layar akan menunjukkan biaya yang perlu dibayar. Namun, Anda tidak akan dikenakan biaya jika melakukan pengurangan dana.
  7. Jika Anda masih menggunakan meteran listrik yang lama maka akan diganti menggunakan meteran baru. Selain itu, pembayaran dengan sistem pascabayar juga akan diganti dengan menjadi prabayar sesuai dengan ketentuan PLN.
  8. Setelah proses pengisian selesai, Anda akan mendapatkan email dari PLN yang berisi mengenai permohonan daya. Selanjutnya, Anda perlu melakukan konfirmasi dengan klik link yang terdapat dalam email tersebut.
  9. Membuka link yang dikirimkan dan Anda akan masuk ke dalam situs PLN. Di situs tersebut Anda akan mendapatkan kode pembayaran beserta jumlah nominal yang perlu Anda bayarkan.
  10. Terakhir, Anda hanya perlu menunggu petugas PLN datang ke rumah.
  11. Petugas akan mengganti meteran dan menambah daya listrik. Umumnya, petugas akan datang dalam waktu sekitar 10 hari kerja terhitung dari tanggal ketika Anda membayar tagihan listrik.

Bagi Anda yang sudah memperoleh kode pembayaran, Anda bisa segera melakukan pembayaran. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui ATM, sehingga lebih mudah dan cepat. Nominal pembayaran akan otomatis keluar setelah Anda memasukkan kode pembayaran.

Waktu yang dibutuhkan petugas untuk datang ke rumah Anda memang cukup lama, sebaiknya Anda bersabar karena membutuhkan waktu kurang lebih 10 hari. Pelanggan juga lebih baik memastikan agar rumah tidak kosong, sehingga penambahan daya bisa dilakukan secara lancar oleh petugas. Biaya yang diperlukan bergantung pada besarnya daya listrik yang ditambahkan.

Syarat Tambah Daya Listrik

Penambahan daya listrik memiliki beberapa kelebihan bagi banyak orang. Misalnya, ketika Anda menggunakan komputer di rumah tetapi ada alat lainnya yang sedang digunakan, maka dapat mengakibatkan komputer Anda tiba-tiba mati bahkan bisa rusak. Artinya, Anda perlu menambah daya listrik rumah Anda.

Bagi Anda yang ingin menambah daya listrik, terdapat beberapa syarat yang perlu dipatuhi, yaitu:

  • Setuju dengan ketentuan penempatan APP atau alat pembatas dan pengukur dari PLN. APP sangat diperlukan agar listrik lebih aman dan petugas PLN yang bekerja bisa memeriksa listrik dengan mudah.
  • Pelanggan bersedia menjaga APP atau alat pembatas dan pengukur serta perlengkapan lainnya yang diberikan oleh PLN.
  • Membayar biaya untuk ganti rugi jika APP rusak atau hilang yang diakibatkan kesengajaan atau kelalaian pelanggan. Biaya untuk ganti rugi diterapkan sesuai dengan ketentuan yang telah ada.
  • Membayar tagihan listrik tepat waktu kepada PLN.
  • Membayar tagihan susulan jika terjadi pelanggaran dalam penggunaan listrik. Tagihan tersebut juga dibebankan kepada pelanggan apabila pemakaian listrik tidak terukur penuh. Umumnya, pemakaian listrik yang disebabkan oleh ketidaknormalan alat ukur dan bukan salah pelanggan.
  • Jika pelanggan ingin memindahkan tiang listrik dan alat lainnya yang sudah disetujui oleh PLN, pelanggan perlu membayar biaya pemindahan, ganti rugi kWh, serta menyediakan lokasi penempatan tiang baru.

Layanan penambahan daya listrik secara online oleh PLN ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat. Masyarakat bisa lebih mudah mengajukan penambahan daya dan biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit. Hal tersebut dapat meminimalisir adanya calo yang bekerja agar permohonan daya dikabulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *