contoh bahan goretex anti-air
Industri

Ini Perbedaan Karakter Bahan Goretex dan Taslan

Memilih bahan pakaian bukan hanya didasarkan pada tampilannya saja, melainkan sebisa mungkin dapat nyaman digunakan saat beraktivitas di luar. Sama seperti para pencinta petualangan, bahan pakaian yang dipilih haruslah tepat agar aktivitas bertualang menjadi nyaman dan tak terganggu. Salah satu kriteria yang bisa dipilih saat memilih bahan pakaian untuk bertualang adalah tahan air.

Dunia tekstil sekarang sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, termasuk mulai banyaknya jenis-jenis kain yang variatif dengan ciri-cirinya masing-masing. Mencari bahan pakaian tahan air tidaklah sulit, beberapa di antaranya yang terkenal adalah goretex dan taslan. Lalu, apa perbedaan keduanya? Simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan Goretex dan Taslan

Goretex

Bagi para petualang sejati, pasti sudah tidak asing dengan kain goretex, karena kain ini berhubungan erat dengan peralatan adventure mereka. Istilah goretex ini merujuk pada merek sebuah kain yang diciptakan oleh Robert W. Gore, seorang kimiawan asal Amerika, pada tahun 1969. Kain ini memiliki sifat tahan air tetapi tetap nyaman digunakan karena sifatnya yang breathable.

Goretex memiliki beberapa lapisan yang disusun menjadi satu lapis kain yang mampu menahan masuknya air serta memberikan ‘nafas’ pada kulit. Lapisan luar goretex juga dibuat agar dapat menahan goresan benda tajam saat bertualang di alam. Kain ini biasa digunakan untuk membuat jaket, sarung tangan, topi, sepatu, celana, dan yang lainnya.

Tak hanya para petualang saja, namun kain ini juga digunakan oleh para astronaut dan keperluan militer. Harga kain ini tentu lebih mahal dibandingkan dengan kain biasa karena kualitasnya juga tidak biasa. Namun, kain ini juga memiliki kekurangan, yakni kurang cocok dengan iklim tropis.

Lihat pula: Jasa Konveksi Surabaya

Taslan

Bahan taslan merupakan bahan yang lebih umum dikenal sebagai bahan pembuatan jaket yang tahan air. Kain taslan ini mirip dengan kain parasit yang sama-sama memiliki sifat anti air dan tipis. Perbedaan keduanya adalah taslan lebih lembut, halus, serta lebih tebal. Sifatnya yang tahan air dan angin menjadikan kain taslan lebih sering digunakan untuk aktivitas di luar ruangan.

Kain taslan terbuat dari serat sintesis yang memiliki kualitas bagus dengan ciri-ciri permukaan bahan yang sedikit licin. Selain itu, bahan taslan juga memiliki kerapatan yang cukup tinggi karena di dalamnya terdapat lapisan balon serupa karet sebagai pelindung dari terpaan hujan dan angin.

Bahan taslan memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah taslan semprot, taslan jarum, serta taslan balon. Bahan-bahan tersebut sangat umum digunakan sebagai bahan dalam jaket berkendara atau jaket pengemudi motor, karena dapat menahan angin dan air saat berkendara. Bahan ini cukup eksklusif, hanya lebih murah jika dibandingkan dengan bahan goretex.

Sedikit penjelasan mengenai bahan taslan dan goretex semoga bisa membuat Anda sedikit bisa memahaminya. Jika ingin lebih jelas, Anda bisa langsung mendatangi toko kain yang menjual bahan-bahan tersebut untuk bisa memegang secara langsung bagaimana tekstur dan ketebalan kain.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *