
Pentingnya Pemilihan Warna dalam Dunia Desain Grafis
Tidak dapat dipungkiri pemilihan visual yang tepat dalam dunia desain grafis sangatlah penting. Beragam produk desain seperti cetak stiker label, logo perusahaan, poster hingga billboard iklan sangat mengandalkan visual sebagai salah satu cara dalam menyampaikan pesan. Namun visual tidak terlepas dari fungsi warna di dalamnya, yang secara psikologis turut andil dalam menentukan keberhasilan dari desain yang dibuat. Pemilihan warna yang tepat juga pastinya membuat sebuah karya desain grafis menjadi lebih menarik.
Bahkan beberapa perusahaan dapat memperkenalkan brand image hanya dari pemilihan warna dan desain yang tepat. Hal ini bukanlah tanpa sebab, warna menjadi atribut yang paling mudah diingat oleh khalayak sekaligus memberikan kesan tertentu sesuai dengan warna yang dipilih. Untuk itu, sebelum benar-benar membuat sebuah karya desain grafis untuk beragam keperluan baik keperluan pribadi maupun untuk mencetak label bagi bisnis, ada baiknya Anda mengenali betul arti dan fungsi dari tiap warna. Apa saja? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut.
Merah
Warna merah identik dengan warna yang cerah dan berani. Namun tidak hanya itu, nyatanya warna merah digunakan dalam beragam karya desain grafis bertujuan untuk memberikan kesan yang menarik, positif, bergairah, serta berenergi. Warna ini termasuk yang paling sering digunakan terutama di dalam industri makanan maupun retail. Beberapa brand yang berhasil menggunakan wanra merah sebagai persona adalah brand merek coca-cola, pizza hut, hingga Youtube
Biru
Berbeda dengan warna merah, jika warna merah memberikan kesan energi yang mencolok, warna biru akan memberikan kesan sejuk, profesional, berintegritas, stabilitas dan harmoni. Selain cocok untuk dijadikan sebagai warna utama pada logo perusahaan, warna biru nyatanya juga cocok lho digunakan sebagai penanda navigasi pada website karena warnanya yang cenderung netral. Beberapa brand yang termasuk dalam industri perbankan/financial maupun asuransi seperti bank BCA. BRI, hingga asuransi AXA menggunakan warna biru sebagai warna utama dalam brand mereka.
Hijau
Tidak jauh berbeda dengan warna biru, warna hijau umumnya digunakan oleh beberapa perusahaan yang berhubungan dengan pelayanan jasa seperti resort maupun pelayanan kesehatan. Warna hijau yang dominan pada sebuah logo brand memberikan kesan kemurahan hati, kesuburan hingga harmoni. Warna hijau juga cocok untuk beberapa produk makanan dan minuman organik.
Hitam
Warna hitam untuk sebuah brand dapat memberikan kesan elegant, kekuatan, konsistensi dan kedewasaan. Selain itu, warna hitam juga terbilang kekal dan tidak pernah ketinggalan zaman. Umumnya beberapa brand fashion hingga otomotif menggunakan warna yang satu ini sebagai warna utama dari logo mereka.
Itu dia beberapa warna dengan masing-masing makna dan karakteristiknya. Dengan begitu, ada baiknya Anda dapat lebih memahami persona brand yang ingin dicapai, mengenal tren yang sedang berkembang hingga memahami efek dari tiap karakter warna yang nantinya diterima oleh khalayak umum. Menentukan model desain serta warna yang tepat memanglah tidak mudah, namun keputusan yang dibuat dengan hati-hati dan penuh pertimbangan tentu akan menghasilkan hasil akhir yang sepadan, bukan.
Recent Posts
Archives
Categories
Tag Populer
#ulasankini #usahakini #wartadigital #wisatakini #sehat #asikinfo #berbakat #makanan #bukti #harian #terakurat #kabarkini #infokini #infobaru #mobil #pokokinfo #pintar #review #berpengalaman #sukses #ahlireview #palingahli #subuh #cerita #pekan #cermat #dasar #gadget #fatwa #jejak #kabar #kamunanya #kisah #klikinfo #maju #narasi #terahli #bisnis #palingbaru #fashion #merdeka #reviewbaru #infohot #digital #petunjuk #sinar #minggu #tabloidonline #pengetahuan #trik #tips #silam#viral #trending #Fyp #kekinian #exploredunia #exploreindo #infokini #like #tampangkini #majalahviral #photography #likesinfo #viralpost #indonesia #model #cute #style #foryou #fashion #beritahot #beauty #happy #nature #viraldunia #coretan #photooftheday #funny #likesforlike #repost #beautiful #usahaviral #lifestyle #gayahidup #gadget #ulasankini #trend #fakta #gadgetviral #hidupsehat #kabaroke #liputanku #bisnis #nusantara #baca #palinghits #share #review #asik #Tipsviral #kisahviral
#catatankini #jurnalbaru #habarkini #tulisanviral #coretanpagi #koranviral #ulasanbaru #jejakdigital #bisnis #coretansemangat #wisatakuliner #akurat #hobi #berakatabaik #berkatguru #majalahbisnis #cerdas #ceritamalam #khusus #halo #harapan #harian #hariankepo #karya #beritabaru #infoviral #canggih #layak #link #majalahpedia #buming #berpikir #selamatpagi #berbakat #malam #okekata #sukses #rajakata #rajin #serbu #simak #tanpabatas #terbaik #terbuming #terkini #ternama #topikbaru #tulisanmalam #waktuinfo #reviewer #islam #money #dapur #tanya #order #tekno #usaha #pedia #trend #tech #fyp #viral #jurnal #pelik #logi #sehat #craft #habar #style #link #double #pandai #review #bitcoin #penguin #zonabisnis #stres #vip #jawa #travel #new #mas #news #raja #portal #ygy #report #bank #blog #gombal #digital #zonausaha #rahmat #neon #buku #case #kata #berny #anwar #computer #media #best #indo #urusan #forum #baru #pesona #blogger #wiki #daya #komunikasi #hotel #viral #multi #drakor #valid #wikipedia #john #tips #paper #mediabaru #tabloid #rantau #broken #tetede #menkata #mymedia #inden #cepatsehat #daddy #fashion #berita #zonabiru #resep #lawatek #serbu #gaya #top #ners #adventure #tiket #abadi #moslem #bisnis #otomotif #elektrik #ayohijab #legit #trendy #thema #insto #peace #kutai #driving #hiper #goal #hero #reviewer #manis #ukay #rider #batam #cara #waktu #jaga #artikel #penulis #terkini #entri #teknokini #detroit #trending #setup #blogasik #cahaya #kamera #fashion #life #babakbaru #sushi #mega #alto #red #babon #jurnalfyp #trendkini #stasion #infokini #inijalanku #hosting #diary #kabarburung #sendu #muslimah #links #energy #tv #tega #gayaterkini #blogfashion #nanas #cheat #catering #baruviral #sentraliklan #bangunusaha #debat #jalanjalan
Leave a Reply