ilustrasi hosting gratisan
Online Marketing

5 Alasan Jangan Pernah Pakai Domain dan Hosting Gratisan

Ketika akan mulai membangun sebuah website, maka sangat penting untuk mengenal dan memahami terkait istilah domain dan hosting. Domain merupakan sebuah nama unik, yang tidak mungkin sama yang digunakan untuk menunjuk satu alamat (IP Address) server komputer tertentu, seperti website server atau email server pada jaringan internet.

Sedangkan hosting atau dikenal juga dengan web hosting adalah penyewaan ruang digital untuk menyimpan data yang ditampilkan di website.  

Sekarang, banyak orang yang tertarik untuk membangun sebuah website baik untuk keperluan usaha maupun untuk sekedar menyalurkan hobi. Sehingga banyak juga bermunculan penyedia hosting dan domain baik yang gratis maupun berbayar.

Kerugian Pakai Domain dan Hosting Gratisan

Bagi anda yang baru pertama kali membangun website atau blog, atau website yang anda bangun hanya untuk iseng atau menyalurkan hobi, bisa mencoba untuk menggunakan layanan hosting dan domain yang gratis terlebih dahulu. 

Tetapi jika website yang dibangun untuk kebutuhan bisnis, lebih baik menggunakan layanan yang berbayar. Mengapa demikian? Berikut kerugian saat menggunakan domain dan hosting gratisan:

Server Tidak Stabil

Hosting yang berbayar sekalipun bisa down, apalagi hosting yang gratis. Jika website terlalu banyak diakses atau memang sedang ada gangguan teknis tertentu, website bisa down dan tidak bisa diakses sama sekali. Jika website digunakan untuk berbisnis tentu hal ini sangat merugikan, oleh karena itu website yang digunakan untuk bisnis lebih baik memilih server yang stabil.

Nama Domain Berkualitas Rendah

Domain yang tidak berbayar (gratis) tidak bisa memperoleh ekstensi .com atau .co.id karena ekstensi tersebut untuk hosting yang berbayar. Jadi pengunjung akan bisa langsung mengetahui suatu website apakah menggunakan hosting yang gratis atau berbayar dari alamat website-nya. Jika website ini digunakan untuk bisnis atau menyediakan informasi yang penting, kredibilitasnya agak diragukan.

Kapasitas Terbatas

Ruang penyimpanan digital yang disediakan hosting tidak berbayar sangat terbatas. Biasanya hosting gratis ini hanya menyediakan ruang penyimpanan 1GB, bahkan beberapa diantaranya kurang dari 1GB. Jika website atau blog yang anda bangun berisi banyak gambar atau video, tidak cocok menggunakan hosting gratis ini.

Jika website atau blog anda dikunjungi banyak orang dan banyak juga yang meninggalkan komentar, hosting ini tidak akan mampu menampung. Sehingga website anda tidak akan berkembang jika tidak ditambah kapasitas ruang penyimpanan hostingnya.

Tidak Ada Jaminan Keamanan Data

Jika menggunakan server gratis, maka tidak ada jaminan bahwa data yang disimpan akan aman. Data anda atau member website anda bisa saja diambil dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Terlebih lagi jika tiba-tiba website atau blog anda dihapus dari server dan semua data yang sudah di upload hilang. Anda tidak bisa menyalahkan siapapun dan tidak bisa meminta pertanggungjawaban.

Minim Bantuan

Hosting berbayar biasanya menyediakan channel bantuan untuk menjawab pertanyaan atau permasalahan dari pengguna hosting, jika website pengguna mengalami gangguan atau tidak bisa diakses. Sebaliknya, penyedia layanan hosting gratis tidak menyediakan channel bantuan, jika ada sekalipun biasanya responnya lebih lama. 

Hosting dan domain gratis ini juga memiliki kelebihan dimana melalui hosting dan domain gratis ini anda bisa belajar mengelola sebuah website atau blog tanpa mengeluarkan biaya. Tetapi memang harus disadari kerugian yang sudah disampaikan di atas agar bisa melakukan langkah preventif atau pencegahan.

Domain dan hosting gratis ini cenderung memiliki aturan yang lumayan ketat. Setiap penyedia layanan domain dan hosting gratis memiliki aturan tersendiri tentang apa yang boleh dibuat dan tidak. Jika melanggar dari aturan atau ketentuan, biasanya website atau blog akan langsung di-block dan tidak dapat diakses walaupun oleh pemilik website. Sehingga jika anda menggunakan hosting dan domain gratis, harus memperhatikan dan mengingat terkait aturan-aturan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *