permainan kelereng lewat aplikasi hp
Aplikasi

Ini Game untuk Bermain Kelereng dari Handphone Kamu

Apakah kamu tahu permainan kelereng? Permainan kelereng memang menjadi salah satu permainan legendaris yang sering dimainkan sejak dahulu. Berkumpul dengan teman sambil bermain kelereng adalah hiburan yang sangat menyenangkan.

Mengapa Kita Harus Bermain Kelereng? Selain untuk melestarikan permainan tradisional, permainan kelereng juga memiliki beberapa manfaat. Salah satunya, permainan kelereng dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Gerakan jari serta pengaturan kekuatan dan kecepatan kelereng dengan menggunakan jari-jari tangan sangat penting dalam mengasah kemampuan motorik halus. Kemudian, permainan kelereng juga membantu anak untuk mengenal matematika sekaligus bentuk bangun datar. Pemain perlu menghitung banyak kelereng di dalam arena permainan. Kemudian, pemain juga melukis segitiga atau persegi di tanah sebagai wadah untuk meletakkan kelereng yang akan dibidik anak.

Menurut Supriyanto (dikutip dalam Kartiko, 2014), kelereng muncul sejak zaman kerajaan. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan bahwa di Yogyakarta masih terdapat tiga kelereng berukuran besar, terbuat dari marmer berdiameter sekitar 15-30 cm dan berlokasi di dekat Makam Kotagede. Batu kelereng tersebut diceritakan sebagai mainan Raden Rangga, putra dari Panembahan Senopati yang berkuasa pada masa kerajaan Mataram Islam.

Kemudian, dalam perkembangannya kita mengenal kelereng sebagai sebuah objek berukuran kecil yang diproduksi dari pabrik. Umumnya, kelereng yang kita kenal adalah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca. Namun, di daerah yang jauh dari perkotaan, kelereng seringkali dapat berupa biji-bijian yang diurai. Di beberapa daerah, kelereng terbuat dari campuran semen dan kapur yang dibentuk bulat atau dari batu wali yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai kelereng yang kita kenal (Hasanah, 2016).

Tahukah kamu, sekarang bermain kelereng bisa dilakukan di HP loh. Walaupun tetap lebih seru bermain langsung bersama teman-teman. Ada game di HP yang merupakan adaptasi dari permainan kelereng yaitu Game Kelereng Marble

Berdasarkan namanya saja anda pasti tahu permainan tradisional apa ini. Yap, menggunakan bola kelereng yang dimainkan dengan banyak orang. Pola permainan kelereng marble hampir menyerupai permainan kelereng tempo dulu.Tapi game yang menjadi bagian dari Google Play ini hanya dimainkan oleh single player atau satu orang.

Permainan game ini cukup simple, terdapat satu buah kelereng yang anda miliki dan ada kelereng target dalam lingkaran api. Permainannya adalah membidik kelereng target tersebut keluar dari lingkaran api. Sedangkan tantangannya, kelereng yang anda miliki tidak boleh berhenti di lingkaran api.

Nah yang bikin seru pada game ini terdapat banyak sekali level, di mana nantinya tingkat kesulitan dan ‘handicap’nya makin banyak. Untuk penilaiannya tergantung dari berapa kali Anda membidik sampai misi sukses. Seru bukan? Jika anda ingin bermain kelereng mungkin kelereng marble bisa anda mainkan.

Biar main kelereng online semakin seru, pastikan internet kamu tidak lemot ya dengan jaringan internet smartfren 4g tentunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *